Perlu Diketahui…

Proses Terjadinya Petir

Permukaan bumi pada siang hari mendapatkan pemanasan oleh matahari sehingga terjadilah penguapan air dari danau, sungai, laut dan sebagainya. Uap air tersebut kemudian naik serta masuk dilapisan atmosfer bawah. Semakin jauh dari permukaan bumi, maka suhu semakin dingin yang dapat mencapai –50 derajat celcius. Pada suatu ketinggiantertentu terjadilah kondensasi setelah tercapai temperatur kondensasi sehingga terjadilah kristal-kristal es. Karena adanya udara keatas, kebawah kesamping atau terjadi bentuk turbulensi, maka terjadilah tubrukan, gesekan antara kristal-kristal es tersebut sehingga terjadilah pemisahan muatan-muatan listrik. Karena adanya pemisahan muatan tersebut, terbentuklah awan-awan positif atau negatif atau kelompok awan bipolar bahkan tripolar. Awan bermuatan bergerak saling mendekati atau karena kuat medan listrik semakin besar antara awan yang bermuatan, maka terjadilah lompatan muatan dari negatif ke positif. Peristiwa lompatan muatan inilah yang kita sebut petir.

Bahaya Petir Pada Manusia

  1. Jika seseorang disambar petir, 50% kemungkinan akan fatal.
  2. Biasanya petir menyambar kepala atau telinga. Setelah itu petir menyerang kulit sedalam beberapa cm sehingga terbakar.
  3. Orang bisa mendapat serangan jantung, buta, tuli sementara dan rusak saraf permanent.

Bahaya Petir Pada Bangunan

  1. Jika bangunan tersambar petir, arus listrik akan mencari jalan yang bersifat konduktif terutama disisi luar atau tepi luar bangunan.
  2. Secara langsung ataupun tidak jika didalam bangunan tersebut terdapan orang yng sedang mandi, berkomunikasi melalui telepon selular, dan segala aktifitas yang berhubungan dengan logam akan ikut tersambar.
  3. Merusak peralatan listrik di bangunan tersebut.

Kegiatan Yang Rawan Terhadap Bahaya Petir Ketika Terjadi Badai Petir

  1. Bekerja atau bermain di lapangan terbuka
  2. Naik boat,berenang, atau memancing
  3. Bekerja di sawah atau jalan
  4. Bermain Golf
  5. Berkomunikasi menggunakan telepon
  6. Memperbaiki peralatan listrik

Bagaimana Cara Menghindari Bahaya Petir.

jika berada diruang terbuka,dan rambut mulai berdiri maka segeralah masuk kedalam ruangan. Apabila tidak ada ruangan segeralah jongkok serendah-rendahnyadan lutut ditekuk.JANGAN BERBARING ATAU TIARAP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar